You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sungai Putih
Desa Sungai Putih

Kec. Tapung, Kab. Kampar, Provinsi Riau

Selamat Datang di Website Desa Sungai Putih menampilkan kegiatan, berita yang ada di lingkungan Desa Sungai Putih

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Siswa MIM disuntik Imunisasi MR dan HPV

Operator Kesra 16 Oktober 2024 Dibaca 9 Kali
Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Siswa MIM disuntik Imunisasi MR dan  HPV

(sungaiputih.desa.id)- Memasuki Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) sejumlah siswa MI Modern mendapatkan suntikan Imunisasi Campak Rubella (MR) bagi siswa Kelas 1 dan Imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) bagi siswa Kelas 5-6 bertempat di Gedung MIM Jl. Teratai II pada Rabu pagi (16/10/2024).

Hadir pada kegiatan BIAS tersebut H Soeprat Petugas Kesehatan dari Puskesmas Pantai Cermin, Bidan Desa Sri Wahyuni A.Md Keb, Kader Desa Ratna Hidayah dan Sri Anita.

BIAS merupakan singkatan dari Bulan Imunisasi Anak Sekolah yaitu memberikan vaksin sebagai perlindungan kepada anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang dimaksudkan agar anak nantinya tak rentan terhadap berbagai penyakit seperti Campak, Dipteria (DPT), Tetanus (TT). Pemberian vaksin ini merupakan Booster (ulangan) terhadap kekebalan yang pernah didapat pada saat bayi, dimana saat usia anak sekolah kekebalan sudah mulai turun. Sasaran vaksin ini adalah anak-anak Sekolah Dasar atau MI kelas 1 hingga 4. Untuk kelas 1 adalah Imunisasi Campak, kelas 2 adalah Imunisasi DT (Dipteria), sedangkan kelas 3 dan 4 adalah TT ( Tetanus). Pelaksanaan bulan BIAS ini dilakukan setiap satu tahun sekali setiap bulan November.

Imunisasi MR adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella. Vaksin MR merupakan vaksin hidup yang dilemahkan (live attenuated) yang disuntikkan di bawah kulit (subkutan). Imunisasi MR memiliki manfaat : Membantu tubuh membentuk kekebalan atau antibodi untuk melawan virus penyebab Campak dan Rubella, mencegah infeksi virus penyebab penyakit Campak dan Rubella. Imunisasi MR disarankan untuk anak-anak mulai dari usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun. Imunisasi ini juga disarankan untuk perempuan usia produktif yang berencana untuk hamil.

Efek samping dari imunisasi MR hampir tidak ada, kalaupun ada hanya ringan seperti demam, kemerahan pada area suntikan dan bengkak yang akan hilang dalam waktu 2-3 hari.

Vaksin MR dapat diperoleh di Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.

Imunisasi HPV adalah vaksin yang diberikan untuk melindungi tubuh dari infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV). HPV adalah virus yang dapat menyebabkan infeksi kulit, seperti kutil kelamin, dan beberapa jenis kanker, seperti kanker serviks, vulva, vagina, penis, dan anus.

Imunisasi HPV diberikan melalui suntikan ke dalam otot, biasanya di lengan kiri bagian atas. Imunisasi HPV aman dan umumnya tidak menimbulkan reaksi yang serius, seperti kemerahan, pembengkakan, atau nyeri ringan di lokasi suntikan.

Imunisasi HPV direkomendasikan untuk : Anak-anak yang memasuki masa remaja, Orang dewasa yang belum pernah mendapatkan vaksinasi HPV atau baru menerima sebagian.

Di Indonesia, Kemenkes menjadikan vaksin HPV sebagai salah satu jenis vaksin dalam program imunisasi wajib nasional untuk anak perempuan usia 11–12 tahun.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image