You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sungai Putih
Desa Sungai Putih

Kec. Tapung, Kab. Kampar, Provinsi Riau

Selamat Datang di Website Desa Sungai Putih menampilkan kegiatan, berita yang ada di lingkungan Desa Sungai Putih

Sejarah Desa

Operator Kesra 06 November 2023 Dibaca 335 Kali

Desa Sungai Putih adalah nama suatu wilayah di Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Desa Sungai Putih ini merupakan Desa ex.Transmigrasi angkatan Tahun 1989 baik untuk penduduk lokal maupun penduduk yang berasal dari pulau jawa. Desa ini  mulai terbentuk  pada  tahun   1989 melalui  program pemerintah yaitu Transmigrasi Pirbun Kelapa Sawit dari daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur serta Transmigran Lokal yang pada saat itu seluruhnya berjumlah  425 KK  dengan jumlah jiwa sebanyak 1025 jiwa. Dengan demikian masyarakat Desa sungai Putih terdiri dari beberapa suku, agama, adat dan budaya. Pada mulanya Desa ini bernama Desa Mataram dan dipimpin oleh  seorang Kepala  Unit Pemukiman  Transmigrasi  (KUPT) dari Departemen  Sosial  yang bernama Sugiono.

Pada Tahun 1992 pengelolaan Desa diserahkan kepada   Pemerintah   Daerah  Provinsi Riau  dan  selanjutnya dibentuklah Desa definitif yang diberi nama Desa Sungai Putih dengan Kepala Desa yang pertama bernama Madamin yang ditunjuk oleh Bupati Kampar pada masa itu. Tanah yang digunakan untuk lokasi Desa Sungai Putih berasal dari penyerahan oleh Dinas Transmigrasi Propinsi Riau  pada masa Pemerintahan Kepala Desa pertama. Kegiatan Desa Sungai Putih banyak digunakan  untuk   menata  kelembagaan   kelompok   masyarakat  walaupun masih bersifat  sederhana,  mulai dari pembagian wilayah Dusun, RW, RT  dan penataan  kelompok-kelompok tani  yang lain. Pada  saat  itu kegiatan kelompok  masyarakat   banyak bekerja  pada  sektor pertanian  dan  perkebunan. Namun  karena  para  Transmigran  pada waktu  itu berasal dari  Desa  maka banyak  yang  membawa hewan  ternak  dan mengembangkannya di Desa Sungai Putih ini.

Selanjutnya  setelah dua periode  masa  pemerintahan Bapak Madamin,  masyarakat  Desa Sungai Putih mengadakan pemilihan untuk pertama kalinya guna memilih pemimpin  baru pada  Tahun 2002. Pemilihan kepala Desa dilakukan secara langsung oleh masyarakat yang diikuti oleh dua orang calaon Kepala Desa. Pada saat itu terpilihlah Bapak Sunaryo sebagai Kepala Desa Sungai Putih yang menjabat hingga Tahun 2007.

Selanjutnya pada  Tahun  2007 masyarakat  Desa  Sungai Putih untuk  keduakalinya melakukan  pemilihan Kepala  Desa  dengan cara  seperti  pemilihan Kepala  Desa  pada saat sekarang ini, dengan beberapa orang calon Kepala Desa dan sebelumnya melakukan adu visi dan  misi dalam  rencana  Pembangunan Desa  Sungai Putih.  Pada pemilihan  Kepala  Desa Tahun 2007 tersebut yang terpilih menjadi kepala Desa adalah Bapak Darmaji dan beliau memimpin hingga 2 (dua) periode) sampai dengan Akhir Tahun 2019. Pada pemilihan Kepala Desa yang diadakan di Tahun 2019 dimenangkan oleh Bapak H. Bambang Rubianto dan beliau dilantik pada Tanggal 27 Februari 2020. Maka sejak dilantik Kepala Desa yang baru terpilih resmi sebagai Kepala Desa dan memimpin Desa Sungai Putih.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image