You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sungai Putih
Desa Sungai Putih

Kec. Tapung, Kab. Kampar, Provinsi Riau

Selamat Datang di Website Desa Sungai Putih menampilkan kegiatan, berita yang ada di lingkungan Desa Sungai Putih

Sosialisasi Desa Siaga dan Elektronik Survey Mawas Diri (e-SMD) oleh Kapus Pantai Cermin

Operator Kesra 07 November 2023 Dibaca 83 Kali
Sosialisasi Desa Siaga dan Elektronik Survey Mawas Diri (e-SMD) oleh Kapus Pantai Cermin

(sungaiputih.desa.id)- Desa Sungai Putih bekerjasama dengan Puskesmas Pancai Cermin adakan Sosialisasi Desa Siaga dan Elektronik Survey Mawas Diri (e-SMD) di Ruang Serbaguna Desa Sungai Putih, Selasa Pagi (7/11/2023), dihadiri oleh Kader Pusyandu, RT, RW, dan Kadus.

Survey Mawas Diri (SMD) merupakan suatu upaya bersama yang dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat, dan menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan tersebut. Kegiatan SMD ini dilaksanakan dengan melakukan Pendataan Ke Rumah Tangga dengan menggunakan kuesioner.

Hasil yang ingin dicapai dengan Sosialisasi SMD adalah menyelesaikan masalah kesehatan dengan melibatkan masyarakat dan peran Pemerintah Desa, Pemerintahan Desa menghimbau dan mengajak masyarakat agar bersama-sama dengan kesadaran diri yang penuh  permasalahan kesehatan di masyarakat, contoh sampah berserakan dan tidak pada tempatnya, banyaknya nyamuk karena perubahan musim serta sering hujan.

Survei Mawas Diri (SMD) sangat penting untuk dilaksanakan agar masyarakat menjadi sadar akan adanya masalah kesehatan yang sedang dihadapi, masyarakat mampu mengenal, mengumpulkan data dan mengkaji masalah yang ada dalam lingkungannya sendiri, timbulnya minat dan kesadaran untuk mengetahui masalah-masalah kesehatan dan pentingnya masalah tersebut segera diatasi, serta mampu untuk menggali sumber daya yang ada atau dimiliki.

Hasil SMD Puskesmas kemudian akan menjadi dasar untuk menyusun pemecahan masalah yang dihadapi dan akan dibahas pada pertemuan Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) untuk mencari solusi bersama mengatasi Masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat.

Kunjungi Video kami : Klik Disini

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image